12 Jul 2018 12:34

Target Investasi Sulut 2,5 Triliun

MyPassion
Henry Kaitjily

MANADOPOSTONLINE.COM—Progres investasi di Sulawesi Utara (Sulut) terus digenjot. Tahun ini menurut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Sulut Henry Kaitjily, target investasi sebesar Rp 2,5 triliun.

"Kita optimis tahun ini target investasi tersebut bisa tercapai. Kita telah lakukan upaya-upaya dalam rangka peningkatan investasi di Sulut. Walaupun kita sudah mempermudah, namun semua harus sesuai regulasi," ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan, bukan hanya pemerintah provinsi yang memiliki target. Namun 15 kabupaten/kota juga memiliki target masing-masing. Jelasnya, investasi terbesar ada di Bolaang Mongondouw sebesar Rp 1 triliun. Kemudian, Minahasa Utara dan Kota Bitung Rp 900 miliar serta Minahasa Selatan dan Manado Rp 700 miliar.

"Itu semua, sedang diupayakan meningkat. Bolaang Mongondouw tentu besar, karena ada PT Conch. Investasi perusahan tersebut sangat besar. Kita akan bantu agar semua daerah dapat mencapai targetnya," tuturnya.

Terpisah, menurut pengamat pemerintahan Burhan Niode, investasi dapat menjadi pendorong roda perekonomian daerah.

"Memang dalam situasi ini, pengusaha mendapat keuntungan yang memadai untuk melakukan penambahan modal, meningkatkan produktivitas, meningkatkan kesejahteraan pekerja, dan melakukan ekspansi usaha. Namun daerah juga akan sangat diuntungkan dengan adanya investasi besar. Tentu menurut saya, peran pemerintah sangat besar dalam mendorong peningkatan investasi di Sulut," tuturnya.(tr-02/can)

Kirim Komentar