12 Jul 2018 13:00

Pemkab Minahasa Awasi Pekerjaan Proyek Trotoar

MyPassion
Pengerjaan trotoar yang dinilai kurang sesuai. Saluran air lebih tinggi dari permukaan jalan. (Mendy Pangalila/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Pekerjaan proyek trotoar yang membentang dari Sasaran hingga ke pusat kota menuai sejumlah kritikan. Pasalnya, beberapa titik pekerjaan proyek ini terlihat tidak sesuai dengan  rencana pekerjaan. Di salah satu titik, saluran air dari jalan menuju drainase lebih tinggi dari permukaan jalan. “Jika hujan deras, air akan tertampung di jalan,” kata sejumlah warga.

Warga menilai, pembangunan trotoar dan drainase sudah bagus. Apalagi untuk penataan kota. Namun, mereka meminta pemerintah dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar terhadap kontraktor pelaksana proyek. “Proyeknya sudah baik. Namun harus ada pengawasan agar pengerjaan tidak sembarangan dan harus sesuai bestek,” imbuh warga.

Hal ini ditanggapi Kepala Dinas PUPR. Kepala Dinas Nofry Lontaan melalui Kepala Bidang Cipta Karya Teddy Lumintang mengatakan, terkait lobang air di trotoar yang sementara dibangun akan diperiksa. “Kita akan turun langsung melihat. Jika hasil yang kami dapati tidak sesuai dengan volume pekerjaan, tentu akan diperbaiki. Kontraktor juga akan ditegur,” kata Lumintang.

Dia membeber, untuk pengerjaan proyek ini dibutuhkan waktu lima bulan. “Jika jika tidak memenuhi syarat akan dikerjakan kembali atau tidak dibayar,” tegas dia. Sedangkan untuk anggaran pembangunan trotoar ini mencapai 2 kilometer (km). “Pembangunan direncanakan dari Lapangan Samrat sampai SPBU Roong,” katanya.

Dia pun menjanjikan, pekerjaan semua proyek  di wilayah Pemkab Minahasa terus dikontrol. “Dengan masukan yang masyarakat berikan, ini menjadi dampak positif agar pembangunan di Minahasa tidak asal-salan saja, melainkan bisa lebih bagus lagi agar bisa dinikmati anak cucu nantinya,” kata Lumintang. (tr-08/fgn)

Kirim Komentar