12 Jul 2018 16:55

Keterwakilan 30 Persen Perempuan, Lasut : Partai Tidak Penuhi, Kami Tolak

MyPassion
Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut. (Manado Post Online)

MANADOPOSTONLINE.COM - Menjelang masa injury time pendaftaran partai politik (Parpol) pemilihan legislatif, belum ada yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umun (KPU) Tomohon hingga Kamis (12/7).

Ketua Komisioner Harryanto Lasut saat dikonfirmasi mengakuinya. "Kami masih membuka hingga Selasa (17/7) nanti. Dan diharapkan agar parpol tidak menumpuk di waktu batas akhir sehingga bila ada perbaikan masih memiliki waktu," jelas Lasut.

Dirinya juga menegaskan terkait persyaratan pendaftaran parpol terlebih soal pemenuhan keterwakilan kaum perempuan. "Sesuai dengan PKPU sudah jelas, keterwakilan perempuan 30 persen di setiap daerah pemilihan. Apabila tidak memenuhi kami tolak," tegasnya.

Wajib hukumnya tertuang dalam PKPU 20/2018. Juknis juga sudah ditegaskan. Lanjut Lasut, pihaknya juga sudah mengingatkan ke pimpinan parpol. "Kita akan memverifikasi daftar calon setiap dapil, apabila tidak memenuhi keterwakilan di salah satu dapil makan di dapil tersebut kami tolak pencalonannya," tukas pria modis ini. (wam)

Kirim Komentar