12 Jul 2018 11:41

Kepulauan Talaud Disuntik 36 Orang Tenaga Kesehatan

MyPassion
Pemerintah Kabupaten Sangihe menyambut tenaga Nusantara Sehat Individual. (Dok)

MANADOPOSTONLINE.COM — Tenaga Nusantara Sehat Individual  2018 tiba di Kabupaten Kepulauan Talaud. Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud menerima 36 tenaga kesehatan. Dibagi ke beberapa Puskesmas yang ada di kepulauan. Di antaranya sembilan orang di Puskesmas Damau, 10 orang di Puskesmas Kakorotan, 11 orang Puskesmas Marampit, empat orang di Puskesmas Melonguane, dan sisanya bertugas di Puskesmas Pulutan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan Oswan Lakumani Tinenta mengatakan,  penerimaan Tenaga Nusantara Sehat ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang kesehatan di Kabupaten Kepulauan Talaud. “Nusantara Sehat ini diikuti oleh tenaga bidang, tenaga kesehatan lingkungan (kesling), tenaga kesehatan masyarakat (kesmas), tenaga laboratorium, tenaga farmasi, dan tenaga gizi,” ujar Tinenta.

Para tenaga kesehatan ini akan bertugas selama dua tahun. Tinenta menjelaskan, khusus di Kabupaten Kepulauan Talaud, tenaga Nusantara Sehat sudah memasuki periode kedua untuk penempatannya. Sedangkan se-Indonesia masuk periode empat. “Ini merupakan Program Kementerian Kesehatan untuk membantu dan menunjang pelayanan kesehatan di Kabupaten Kepulauan Talaud. Penempatan ini berdasarkan permintaan pemerintah daerah, meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang kesehatan,” ungkap Tinenta.

Pendamping dari Kementerian Kesehatan Lufthans Arstipendy dan Yuli Budi Utomo sebagai staf diklat di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ikut hadir. Mereka disambut Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Drs Alex Sahadula dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dr Kerry Monangin. (fik/gel)

 

Kirim Komentar