12 Jul 2018 17:32

Kepercayaan Diri Andikpas Ditumbuhkan Lewat Psikotes

MyPassion
Psikolog Hanna Monareh saat melakukan pendampingan dan tes psikologi bagi 24 Andikpas di LPKA Tomohon Rabu (11/7). (Wailan/Manado Post Online)

MANADOPOSTONLINE.COM - Peran Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)Tomohon bukan semata mendampingi para Anak Didikan Pemasyarakatan (Andikpas) semasa menjalani hukuman.

Pemberian pelatihan, pendampingan spiritual juga termasuk mengarahkan psikologi mereka agar bisa mengubah hal buruk yang terjadi masa lampau ke hal yang lebih baik.

Bekerja sama dengan Ikatan Psikologis Klinis (IPK) Sulut, LPKA Tomohon mengadakan tes IQ dan psikologi Rabu (11/7).

Hanna Monareh selaku ketua IPK Sulut memberi tes untuk menumbuhkan kepercayaan diri para Andikpas. "Tujuannya untuk mengetahui kemampuan intelektual dan kondisi psikologis mereka saat ini, juga ada psikotest minat dan bakat sehingga mereka bisa lebih mengenal apa kemampuan dan keterampilan sebenarnya yang dimiliki masing-masing," jelas Monareh.

Keikutsertaan 24 Andikpas dalam tes ini mendapat sambutan hangat Kepala LPKA Tjahaja Rediantana. "Dalam rangka peningkatan pengetahuan, pemahaman diri Andikpas dan lingkungannya menjadi bahan acuan pembinaan seperti apa yang akan dilakukan ke depan," jelas Rediantana.

Senada disampaikan koordinator kehumasan LPKA Tomohon, Marla Mait yang juga ber-basic pendidikan psikologi. "Dari tes ini kita bisa membekali mereka. Untuk nantinya Andikpas lebih mandiri dan mampu menghadapi kehidupan di tengah masyarakat. Proses ini sudah merupakan kerjasama berkelanjutan dengan IPK Sulut," tukas Mait. (wam)

Kirim Komentar