12 Jul 2018 11:39

Eman Minta Netralitas PNS di Tahun Politik

MyPassion
Jimmy Eman

MANADOPOSTONLINE.COM — Masa pemilihan calon anggota legislatif dan Pemilihan Presiden digelar tahun depan. Namun, gaung politik mulai menggema akhir-akhir ini. Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak menyatakan, proses pemilihan, tahapan, hingga hari H pemilihan. Sudah sewajibnya, seluruh ASN menaati asas dan aturan ini. “Jangan terlibat politik praktis, tunjukkan perilaku baik di dalam maupun di luar lingkungan pekerjaan, netralitas jelang tahapan Pilcaleg dan Pilpres tahun 2019 nanti,” ungkap Eman.

Lebih jauh, jika ada temuan dan laporan ASN terlibat politik, mendukung maupun turut terlibat dalam menyukseskan salah satu figur, ada sanksi tegas. “Bisa langsung ke Panwas dan internal pemerintahan. Bisa berupa teguran, maupun pemotongan tunjangan. Bahkan, jika benar-benar melanggar batas bisa sampai pemberhentian,” tegas orang nomor satu di Tomohon ini.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon Theodorus Paat menyatakan, sosialisasi jelang pemilihan tahun depan terus didorong pihaknya.  “Baru-baru kita gelar rakor bersama seluruh pemangku kepentingan. Tujuannya jelas, memberikan pemahaman akan pentingnya keterlibatan seluruh masyarakat dalam menyukseskan Pemilu. Plus, mewanti-wanti ASN agar jangan sekali-kali terlibat dalam kegiatan politik,” papar Paat.

Dia menambahkan, pendidikan politik bagi usia dini juga menjadi perhatian utama. “Anak-anak sekolah yang nantinya sudah memiliki hak pilih. Bersama-sama dengan lembaga penyelenggara, bukan mustahil jika dalam pemilihan nanti Kota Tomohon bisa mencapai 99 persen. Tahun 2015, kita kan capai di presentasi yang sama,” tutupnya. (jul/fgn)

 

Kirim Komentar