12 Jul 2018 11:31

Dispar Fasilitasi Pemindahan 29 Waruga Tahap II di Minut

MyPassion
Kepala Dispar Minut Theodora Luntungan bersama sejumlah pihak terkait saat melaksanakan ibadah untuk pemindahan waruga, Rabu (11/7) kemarin. (Ridel Palar/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Bertanggungjawab atas semua adat dan budaya di Minahasa Utara (Minut), Dinas Pariwisata menfasilitasi pemindahan waruga di Desa Kawangkoan dan Kuwil, Kecamatan Kalawat. Pasalnya, tempat waruga tersebut akan dibangun Waduk Kuwil lewat anggaran APBN.

Kepala Dinas Pariwisata Minut Theodore Luntungan mengatakan, sebelum memindahkan waruga ini pihaknya harus mengkonsultasikan dengan tokoh adat dan masyarakat serta pihak terkait. "Jadi Kami hanya menfasilitasi pemindahan waruga. Sebelum melakukan pemindahan, kami melakukan ibadah, dan upacara adat, yang turut ikut serta juga dari Balai Arkeologi, Balai Sungai, Dinas PU," ucapnya.

Lanjutnya, pihaknya hanya menjalankan instruksi Bupati Vonnie Anneke Panambunan, karena Dispar sendiri sebagai pembina budaya di Minut, apalagi sesuai dengan visi misi bupati untuk memperkuat kawasan pariwisata.

Luntungan menambahkan, sebelumnya sudah ada 48 waruga yang di pindahkan dan ini tahap kedua. "Tahap kedua ini ada dua buah batu tumutoa dan 29 waruga yang siap dipindahkan, jadi kami akan mengatur secara bersama-sama karena sebelumnya sudah ada 48 waruga," terangnya.

Treis Rantung MPd mewakili Balai Arkeologi mengatakan, pemindahan ini harus dilakukan dengan hati-hati karena salah sedikit saja bisa hancur. "Maka dari itu bentuk waruga ini jangan di robah. Biarkan sesuai dengan yang aslinya karena kedepan ini akan kita pelajari," tutupnya. (tr-04/ria)

Kirim Komentar