11 Jul 2018 10:01

Perindo Cs Bisa Jadi Ancaman

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM — Pemilihan legislatif (Pileg) 2019 makin dekat. Kursi DPR mulai dari kabupaten/kota hingga DPR-RI jadi bidikan partai politik (parpol). Tak terkecuali parpol-parpol, yang baru pertama kali mengikuti pemilu 2019. Misalnya saja Partai Perindo. Partai yang dipimpin Hendrik Kawilarang Luntungan itu membidik satu fraksi di DPRD Sulut. “Kita targetkan satu fraksi di DPRD Sulut. Artinya, tiap dapil mengirim utusan,” tukas Sekretaris Partai Perindo Sulut Christofel Warouw. Dia menambahkan, Perindo bakal memasang figur-figur potensial dalam pencalegan nanti. “Nantikan kejutan dari Perindo,” tandasnya.

Tak hanya Perindo yang percaya diri. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) pun yakin bisa merebut hati rakyat. Seperti diungkapkan salah satu pengurus PSI Nurjanah Sandiah. “Untuk DPRD Sulut kita menargetkan satu kursi di masing-masing dapil,” sebut kandidat caleg dari dapil Manado ini.

Partai Berkarya pun tak tinggal diam. Partai yang dipimpin Elly Lasut ini sedang berbenah. Nama Hillary Lasut mencuat sebagai salah satu calon Partai Berkarya di DPR-RI. “Saya sudah memasukkan berkas bacaleg untuk DPR-RI di Partai Berkarya,” tandasnya.

Menurut pengamat politik Dr Alfons Kimbal, peluang dari partai baru di Pileg nanti sangat besar. Menurutnya, partai kecil ataupun pendatang bisa memiliki peluang asalkan memiliki figur yang populer serta elektabilitas yang tinggi. "Sekarang ini masyarakat sudah kritis. Siapa yang dikenal itu terpilih. Jadi dengan sistem ini, peluang bagi partai baru besar. Tergantung siapa yang diusung. Apalagi sekarang banyak pemilih muda," ucapnya.

Sekarang, dia menakankan, figur yang utama. “Masyarakat lebih dominan memilih figur. Ini yang menjadi peluang partai baru. Namun itu juga menjadi tantangan partai penguasa, agar lebih sering menjual calon mereka ke masyarakat," imbuhnya. (timMP/gel)

 

 

Kirim Komentar