11 Jul 2018 10:38

Penebangan Liar Masih Marak di Minut

MyPassion
Rainier Dondokambey

MANADOPOSTONLINE.COM — Penebangan liar terus terjadi di Minahasa Utara (Minut). Parahnya, penebangan tak dapat dihentikan, karena keterbatasan personel, hingga pengamanan tak maksimal.

Kepala UPT Kesatuan Pengolahan Hutan Lindung unit 6 Manado-Bitung-Minut Dinas Kehutanan Sulut Rainier Dondokambey SHut didampingi Kepala Seksi Perlindungan KSDAE Orbie Pandi mengatakan, sekitar 27.100 Hektar yang menjadi wilayah pengamanan pihaknya, masuk hutan lindung dan wilayah Hutan Produksi Terbatas (HPT). "Jadi untuk monitoring, ada tiga kelompok yang selalu lalu-lalang mendeteksi penebangan liar, ataupun kebakaran hutan. Dalam satu minggu, empat kali pengamanan walaupun hari libur," tukasnya.

Diakuinya, hampir setiap hari, selalu ada penebangan liar. Makanya kami selalu kelabakan. "Kadang, ada laporan dari masyarakat, tapi setelah pergi ketempat penebangnya, sudah tidak ada pelakunya. Tetapi, memang penebanganya masih kecil," jelasnya.

Dondokambey menambahkan, pihaknya memang kekurangan personel. Hanya ada 12 Polisi Hutan (Polhut) ditambah 11 THL. Tetapi tidak cukup, karena besarnya wilayah monitoring, sebenarnya, 54 personel baru cukup.

Tetapi, dikatakan Dondokambey, walaupun masih kekurangan personel, pihaknya selalu memaksimalkan apa yang ada. "Untuk kedepan, kami akan melakukan operasi gabungan yang akan melibatkan kepolisian, kejaksaan, hingga pemerintah desa," tukasnya. (tr-04/ria)

Kirim Komentar