11 Jul 2018 12:27

PDAM Tomohon Terapkan GIS

MyPassion
Marthen Gosal

MANADOPOSTONLINE.COM — Peningkatan kualitas jaringan dan metode layanan terus didorong Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon. Lewat lokakarya Indonesia Water Forum 2018 di Jakarta 9-11 Juli, Direktur Utama (Dirut) PDAM Marthen Gosal menyatakan, nantinya penerapan sistem Geographical Information System (GIS) siap diterapkan. “Esensi penerapan GIS, PDAM bisa memetakan potensi langganan, sesuai dengan karakteristik wilayahnya.  Perkembangan teknologi GIS saat ini menyelaraskan semua proses pelayanan yang telah terintegrasi data dan internet. Memang masih perlu penyesuaian, tapi jelas arahnya ke sana,” ungkap Gosal.

Tak hanya di Tomohon, lanjut dia, penerapan sistem GIS ini telah dilaksanakan di beberapa kota dan kabupaten. Kata Gosal, pertukaran informasi, saran dan kiat meningkatkan layanan bisa dilakukan melalui sistem ini. “Tak hanya soal integrasi mekanisme operasional.  Bisa berfungsi sebagai wadah tukar pendapat dan saran sesama PDAM se-Indonesia,” bebernya.

Gosal pun menambahkan, hal ini sejalan dengan program dan visi misi pembangunan EMAS. “Kan semua sekarang bisa dikoneksikan dengan sistem. Ada internet sebagai fasilitator, E-government konsepnya,” tutup Gosal. (jul/fgn)

 

 

Kirim Komentar