11 Jul 2018 14:23

Jalan Tombolikat Akan Diperlebar

MyPassion
Kondisi Jalan Pantai Desa Tombolikat Selatan, Kecamatan Tutuyan sempit. (Ayurahmi Rais/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Tahun ini Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Boltim akan melakukan pelebaran Jalan Pantai Desa Tombolikat Selatan, Kecamatan Tutuyan.  Dengan pagu anggaran Rp 6,2 miliar.

Mendengar hal ini masyarakat setempat pun menyatakan dukungannya, asalkan Pemkab mau memberikan ganti rugi. "Jika ada pengembalian yang akan dilakukan oleh Pemkab, pastinya  semua masyarakat  mendukung  pelebaran jalan," ungkap Ali Maloka, warga setempat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Boltim, melalui Kepala Bidang Bina Marga Haris Pratama Sumanta menjelaskan, Pemkab sudah menyiapkan anggaran ganti rugi atau pembebasan tanah milik warga. “Untuk tanah pekarangan dan kintal warga akan disiapkan anggaran pembebasan lahan. Pastinya sebelum pekerjaan dilakukan, terlebih dulu tanah warga harus dibebaskan. Rencananya semua pekarangan yang tergerus oleh pekerjaan akan dibebaskan," katanya.

Menurut dia, telah dibentuk tim untuk melakukan perhitungan pada ganti rugi lahan milik warga di sepanjang lorong tersebut. Konsultan atau appraisal  nantinya akan melakukan perhitungan agar masyarakat tidak dirugikan dalam rencana pelebaran jalan di Desa tersebut. “Semua pasti disesuaikan. Kita upayakan warga tidak rugi dengan pengembalian atau ganti rugi lahan yang akan dilakukan oleh Pemkab,” ujarnya.

Dia memastikan, semua rumah warga yang akan tergerus pembangunan akan dilakukan ganti rugi secara keseluruhan. Mulai dari rumah dan pekarangannya. “Karena ada beberapa rumah warga yang separuh bangunannya nantinya dirobohkan.  Jika warga bersedia untuk dibayar keseluruhan, maka Pemkab pun akan melakukan pembayaran,” tutupnya. Diketahui pelebaran jalan tersebut, rencananya akan dilakukan pada Agustus mendatang. (tr-01/ite)

 

Kirim Komentar