11 Jul 2018 12:21

Infrastruktur Pariwisata di Tomohon Penting

MyPassion
Miky Wenur

MANADOPOSTONLINE.COM — Geliat sektor pariwisata di Kota Tomohon sangat menjanjikan. Namun, keterbatasan sarana pendukung dinilai masih perlu ditingkatkan. Terlebih, tiap tahun pemerintah Tomohon rutin mengagendakan TIFF. Ketua DPRD Kota Tomohon Miky Wenur mengatakan, sejumlah rencana strategis peningkatan pendapatan daerah melalui pariwisata bakal lebih optimal jika ditopang oleh fasilitas dan prasarana yang mumpuni. “Misalnya, akses pejalan kaki, kawasan souvernir dan pusat industri rumahan. Kalau bisa juga sekaligus, dengan mesin ATM, money changer biar wisatawan tak repot dalam berbelanja,” ungkap Wenur.

Memang, kata dia, arah menuju Tourism City dilakukan secara bertahap. Peningkatan dan penyediaan sumber daya manusia yang kompeten juga dinilai tak kalah penting. “Kalau benar-benar ingin menjadikan Tomohon sebagai destinasi wisata utama di Sulut. Yah harus begitu, komit dan siap menyediakan layanan dan fasilitas. Contohnya seperti di Bali,” pungkas Wenur.

Wakil Ketua Youddy Moningka menambahkan, pengembangan usaha kecil dan kawasan wisata berbasis budaya juga patut diperhatikan. “Potensi wisata di puncak Rurukan dan Kumelembuai misalnya. Sangat menjanjikan, masyarakat disana wajib diberikan sarana penunjang, promosi dan teknis pemasaran hasil kerajinan. Agar, tak terlalu bergantung pada momen-momen insidentil. Market tetapnya sudah ada,”  papar Moningka.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Masna Pioh menyatakan, masukan tersebut pastinya menjadi rekomendasi utama yang siap dilaksanakan. “Dan ini harus didasari sebagai tanggung jawab bersama. Masyarakat, pemerintah dan swasta, kolektif menjadikan Tomohon sebagai destinasi wisata kelas dunia,” tukasnya. (jul/fgn)

Kirim Komentar