11 Jul 2018 11:39

DPMD Sitaro Rutin Evaluasi Dandes

MyPassion
Herry Lano

MANADOPOSTONLINE.COM — Mengoptimalkan pembangunan di desa, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengevaluasi penggunaan dana desa (Dandes) serta  Alokasi Dana Desa (ADD). Hal ini diungkapkan Sekretaris  DPMD Marlon Dalentang. Ia membeberkan, evaluasi tersebut rutin dilakukan sebelum pemasukan laporan pertanggungjawaban ADD dan dandes. "Karena laporan ini juga merupakan syarat pencairan dandes maupun ADD pada tahap berikutnya. Sebab untuk dandes mekanisme pencairan dilakukan tiga tahap. Pertama 20 persen, kedua 40 persen, dan terakhir 40 persen. Sedangkan ADD, hanya dicairkan melalui dua tahap. 60 persen dan sisanya 40 persen," ucapnya.

Proses evaluasi lanjutnya, dilakukan sebelum batas pemasukan laporan pertanggungjawaban. "Jadi rutin dilakukan setiap tahapan. Pastinya dengan adanya evaluasi, kita dapat mengetahui sejauh mana realisasi program yang telah direncanakan. Apakah sudah sesuai agenda atau belum," jelasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Herry Lano menambahkan, evaluasi tersebut merupakan tindak lanjut dari proses asistensi. "Kami turut melakukan asistensi saat penyusunan APBDes maupun rencana kerja, agar pembangunan di desa sesuai kebutuhan masyarakat serta penggunaan tepat. Baik secara administratif maupun sasaran," kunci Lano. (drp/gel)

 

 

Kirim Komentar