11 Jul 2018 14:18

Calon Sangadi di Boltim Miliki Integritas

MyPassion
Sofyan Alhabsy

MANADOPOSTONLINE.COM — Tidak lama lagi, 17 desa di tujuh kecamatan akan menggelar pemilihan sangadi (kepala desa, red) secara serentak. Ketua Komisi Satu DPRD Boltim Sofyan Alhabsy meminta, kepada semua calon sangadi harus memiliki integritas dan tahun cara memimpin. "Sangadi wajib miliki jiwa kepemimpinan. Harus bertanggung jawab dan mengerti apa fungsi, kewajiban dan kewenangan yang akan dijalankan. Agar bisa membawa perubahan untuk desa," ungkapnya.

Dia berharap, panitia pemilihan sangadi bisa menyeleksi berkas para calon sangadi dengan baik. "Pastikan jika calon tersebut memiliki jejak yang baik di desa. Karena menjadi sangadi banyak tanggung jawabnya. Jadi butuh orang yang benar-benar tahu," tegasnya.

Sementara itu,  Kabag Tata Pemerintahan Boltim Ikhlas Pasambuna  memastikan, jika pemilihan sangadi akan dilakukan pada awal Agustus mendatang. "Pemilihan akan dilakukan pada Agustus. Tapi proses administratif sudah dimulai," jelasnya.

Dia pun membeber anggaran untuk pemilihan sangadi tahun ini lebih dari Rp 500 juta. Karena sesuai dengan jumlah desa yang melakukan pemilihan. “Kalau tahun lalu anggaranya lebih besar, karena ada 63 desa. Tahun ini jumlahnya lebih kecil, sebab hanya ada 17 desa," bebernya.

Dia berharap, pemilihan sangadi bisa menjadi momentum yang baik bagi seluruh masyarakat, untuk memilih kandidat atau calon pemimpin yang baik untuk desanya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar