11 Jul 2018 13:58

Adipura Makin Sulit Diraih

MyPassion
Roi Sumangkut

MANADOPOSTONLINE.COM — Penambahan sejumlah aspek penilaian bisa jadi pengganjal ambisi Pemkab Minsel kembali menyabet penghargaan Adipura. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Roi Sumangkut menyebut, pemkab wajib menunjukkan upaya pengurangan produksi sampah dan perbaikan pengolahan. 

"Itu ditunjukkan melalui produk hukum yang secara langsung bisa berdampak pada penurunan jumlah sampah. Misalkan adanya perbup yang mengatur larangan minuman kemasan botol plastik pada kegiatan atau saat tertentu," ungkapnya.

Pihaknya kini sedang menyiapkan kajian kepada bupati untuk segera mengeluarkan aturan semacam itu. Sebab, pihaknya hanya memiliki waktu hingga Oktober nanti, di saat tim pusat turun melakukan penilaian. Terkait pengelolaan sampah, dia mengakui keterbatasan kewenangan turut menyulitkan pihaknya. Sebab, pengelolaan sampah di Minsel menjadi kewenangan Dinas PUPR bukan DLH. "Maknanya koordinasi intens kita lakukan. Harus ada penyamaan persepsi. Upaya kita lebih dimaksimalkan pada pengolahan sampah yang bisa menunjang ekonomi seperti ketersediaan bank sampah," tukasnya. (jen/ria)

Kirim Komentar