11 Jul 2018 13:41

8,2 M TSG Triwulan Dua Segera Cair

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM — Jelang perayaan pengucapan syukur Kabupaten Mitra, 808 guru sertifikasi segera menikmati tunjangan. Total anggaran tunjangan sertifikasi guru (TSG) triwulan dua Rp 8,2 miliar. "Untuk saat ini pencairan TSG triwulan II sudah dalam proses di Badan Keuangan Daerah. Kemungkinan 1-2 hari sudah dicairkan," ujar Kepala Dinas Pendidikan Mitra Djelly Waruis melalui Kabid PPTK Nolly Ratela, Selasa (10/7).

Menurut Ratela, terjadi keterlambatan pencarian TSG triwulan II dikarenakan pihaknya menunggu transfer dana pusat. "Memang dari jadwal pencairan TSG II  paling cepat dilakukan Juni. Namun tetap kami menyesuaikan dengan turunnya dana dari pusat," tambahnya.

Selain itu, meski ada beberapa guru sertifikasi yang pensiun dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir, namun pencairan TSG triwulan II ini, dikatakan Ratela terjadi sedikit kenaikan penerima. Dikarenakan makin bertambahnya jumlah guru yang lulus ujian sertifikasi. "Pada triwulan I ada 780 guru penerima TSG. Sedangkan triwulan II menjadi 808 penerima," jelasnya. 

TSG triwulan II dicairkan berdasarkan besaran gaji pokok masing-masing guru. "Ada yang dapat 12 juta. Ada 11 juta dan 9 juta. Semua disesuaikan gaji pokok setiap guru PNS," terangnya. Sementara untuk penerima, TSG guru non PNS, dijelaskan Ratela ditransfer langsung dari pusat. "Meski sumber anggaran dari dana alokasi khusus. Tapi untuk penyaluran TSG PNS dikelola kabupaten. Sedangkan non PNS ditransfer langsung dari pusat," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Mitra Djelly Waruis mengharapkan bagi semua guru sertifikasi terus semangat dalam meningkatkan disiplin kerja serta lebih profesionalisme dalam mengemban tugas dan tanggung jawab. "Ini agar seimbang antara hak dan kewajiban sehingga layak menyandang predikat guru profesional," katanya. (cw-01/gel) 

 

Kirim Komentar