11 Jul 2018 14:11

30 Ribu Bibit Kelapa Siap Disalurkan

MyPassion
Taufik Mokoginta

MANADOPOSTONLINE.COM — Petani di Kabupaten Bolmong patut bersyukur. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Sulut memberikan bantuan bibit kelapa sebanyak 30 ribu. Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Bolmong Taufik Mokoginta.

Menurut Taufik, bantuan bibit kelapa dari provinsi untuk 300 hektare. "Kalau 1 hektare isinya 100, dikalikan 300 hektare. Jadi ada 30 ribu cikal bibit kelapa. Bantuan tersebut, akan diterima 15-20 kelompok," ungkap Taufik di ruang kerjanya, Selasa (10/7), kemarin. 

Dijelaskannya, bibit kelapa tersebut untuk peremajaan. Ini dilakukan untuk mengganti kelapa yang sudah tidak baik. "Saya berharap, bagi kelompok agar menggunakan bentuan kelapa dengan sebaik mungkin," katanya. 

Menurut dia, bantuan tersebut diberikan oleh pemerintah guna merangsang para petani, agar lebih semangat bertani dan menekuni profesinya serta lebih bersungguh-sungguh untuk bertani. “Jika tanaman kelapa ini ditanam dan berbuah banyak, maka akan mendapatkan hasil yang baik. Dan tentunya bisa meningkatkan kesejahteraan kelompok atau masyarakat,” ungkapnya. 

Dia menjelaskan, untuk pemeliharaan bibit kelapa tidak susah. Dalam setahun kalau kelapanya sudah bertumbuh subur, cukup setahun dua kali berikan pumpuk kandang. “Untuk menunggu sampai kelapa berbuah sekira lima tahun lamanya. Tapi, kalau sudah berbuah tinggal menunggu hasil. Dan itu tiap tiga bulan," tuturnya.

Dia menambahkan, untuk tahun depan akan ada bantuan peremajaan kelapa untuk 20 ribu hektare. "Itu bantuan dari Kementerian Pertanian berupa  kelapa unggul nasional. Tapi nanti tahun depan," ucapnya sambil tersenyum. (cw-03/ite)

Kirim Komentar