11 Jul 2018 11:53

127 CHJ di Kotamobagu Berangkat 13 Agusuts

MyPassion
Grafis

MANADOPOSTONLINE.COM — 127 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kotamobagu, akan berangkat ke tanah suci 13 Agustus mendatang. "Ada 127 CJH untuk Kotamobagu, itu pemberangkatannya terbagi dalam dua kloter. Nah, Kotamobagu dapat kloter kedua. Kloter pertama itu berangkat 12 Agustus, sedangkan kloter kedua itu 13 Agustus," beber Kepala Kemenag Saiful Bongso, melalui Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Sahran Gonibala, Selasa (10/7).

Persiapan pun terus dimatangkan. Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kotamobagu mulai melakukan Manasik Haji atau pembekalan. Manasik Haji dilakukan di tingkat kecamatan dan tingkat kota. "Untuk tingkat Kotamobagu itu ada dua kali manasik, dan besok (hari ini red) yang kedua kalinya. Sedangkan untuk tingkat kecamatan dilakukan sebanyak delapan kali," ungkap Gonibala.

Dirinya mengakui, Kotamobagu merupakan daerah terbanyak ketiga Kuota CJH se-Sulut. "Yang Pertama Manado, Bitung kemudian Kota Kotamobagu," katanya.

Lanjut Gonibala, untuk CJH yang ingin mendapatkan porsi harus menyediakan dana sebesar Rp 25 juta. Namun, menurutnya bisa juga melewati jalur lain atau jalur plus.

"Untuk jalur lain juga boleh, namun biayanya besar, sedangkan di sini itu untuk mendapatkan porsi hanya 25 juta rupiah. Nah, hari ini dia bayar 25 juta, maka dia harus menunggu 10 tahun lagi untuk bisa berangkat haji. Jika kemudian ada terjadi sesuatu misalnya meninggal, maka kami akan kembalikan dana tersebut," jelasnya.

Terpisah Kepala Imigrasi Kelas III Joni Rumagit mengakui tingginya animo masyarakat yang akan melakukan ibadah haji. Terlihat dari pembuatan paspor. "Kita sudah menerbitkan sebanyak 817 paspor. Khusus Kotamobagu sebanyak 125 orang," ungkap Joni.

Tak dipungkiri setiap tahun jamaah membuat pasport meningkat. "Meningkatnya itu adalah warga jamaah haji," pungksnya.(tr-06/tan)

 

 

Kirim Komentar