11 Jul 2018 13:55

11 Pejabat Ikut Assessment

MyPassion
Ferdinand Tiwa

MANADOPOSTONLINE.COM — Rolling jabatan makin dekat. Kemarin, proses assessment pejabat dirampungkan. Ada 11 pejabat eselon II yang diikutsertakan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Ferdinand Tiwa mengatakan, assessment dilakukan sebagai syarat pelaksanaan rolling. "Ini petunjuk Komisi ASN. Jadi nanti lampiran nama pejabat harus ada hasil assessment," tuturnya.

Assessor sendiri dilaksanakan di lantai IV kantor bupati melibatkan akademisi Unima. Tidak semua pejabat ikut sebab baru melakukan assessment, tahun lalu. Ditambah lima calon sekkab yang baru melewati proses serupa pada tahapan lelang. "Kalau yang sekarang ikut itu sudah kadaluarsa karena terakhir ikut assessment tahun lalu. Semua pejabat eselon II non plt pasti ikut kecuali yang akan pensiun," beber dia. 

Pengamat pemerintahan Estevanus Kroons berharap proses tersebut tidak hanya formalitas. Namun turut dilakukan sebagai salah satu tolak ukur menentukan pejabat. Kepala daerah diharapakan berani 'memparkir' pejabat yang ternyata dinyatakan tidak mampu. "Bahkan kalau tidak memiliki kemampuan sebagai eselon II yah turun jabatan agar bisa belajar. Upaya perbaikan birokrasi tidak boleh hanya formalitas," tutupnya. (jen/ria)

Kirim Komentar