10 Jul 2018 17:45

Wow, Peneliti Temukan Tulang Dinosaurus Terbesar Pertama

MyPassion
Peneliti menemukan tulang dinosaurus di Argentina (AFP)

MANADOPOSTONLINE.COM—Dinosaurus Triassic yang merupakan dinosaurus terbesar dari zamannya ditemukan di situs penggalian Balde De Leyes yang terletak di Provinsi San Juan. Situs tersebut terletak sejauh 1.100 kilometer dari barat ibu kota Argentina, Buenos Aires.

Temuan tersebut telah diterbitkan dalam jurnal khusu Nature Ecology & Evolution dan diungkap di Argentina oleh Badan Diseminasi Ilmiah Universitas San Martin pada Senin (9/7). Seorang peneliti pemerintah dari San Juan University, Cecilia Apaldetti mengatakan, mereka menyadari sesuatu yang berbeda setelah menemukan temuan spesies tersebut.

Mereka kemudian menemukan kejutan bahwa bentuk tulang yang mereka temukan menyerupai dinosaurus terbesar pertama. Para peneliti menemukan beberapa tulang belakang dari leher dan ekor, serta tulang kaki depan dan belakang.

Menurut Apaldetti, spesies itu lantas diduga telah menunjukkan strategi pertumbuhan yang hingga kini tidak diketahui, seperti dilansir AFP, Senin (9/7).

Spesies yang ditemukan tulangnya tersebut digolongkan sebagai dinosaurus herbivora karena merupakan hewan berkaki empat. Hal yang membuatnya jadi mudah dikenali adalah ciri leher dan ekornya yang sangat panjang, dan berasal dari kelompok Sauropoda.

Sebelum penemuan ini, diperkirakan bahwa gigantisme berkembang selama periode Jurassic, yaitu sekitar 180 juta tahun yang lalu. Penulis jurnal lainnya, Ricardo Martinez percaya bahwa dinosaurus ingenia prima berasal dari periode trias akhir yang mungkin ada sekitar 205 juta tahun yang lalu.

Tim peneliti telah mempelajari periode trias, yakni ketika periode dinosaurus baru mulai muncul. Menurut para ilmuwan, ingenia prima adalah spesies dinosaurus pertama yang mencapai gigantisme.

Namun, kecepatan akumulasi jaringan tulang lebih besar daripada spesies dari zamannya. Raksasa terbesar itu hidup di Patagonia, di selatan Argentina.(JawaPos.com/mpo)

Kirim Komentar