10 Jul 2018 17:14

Tiongkok Penjarakan Ratusan Pejabat Akibat Gagal Tangani Polusi

MyPassion
Ratusan pejabat Tiongkok ditahan karena polusi (Coconut Media)

MANADOPOSTONLINE.COM—Tiongkok memenjarakan ratusan pejabat di 10 provinsi karena gagal menangani pelanggaran yang menyebabkan polusi lingkungan. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Lingkungan sebagai bagian dari perang terhadap polusi yang dicanangkan oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Dimulai pada akhir Mei, inspektur pemerintah pusat mulai memeriksa kembali ribuan pelanggaran yang ditemukan selama audit lingkungan nasional. Pihaknya menemukan bahwa banyak masalah belum diselesaikan dengan benar.

Mereka telah menuduh pemerintah-pemerintah lokal dan perusahaan-perusahaan milik negara di seluruh negara melakukan pembangunan asal-asalan bahkan melakukan kecurangan.

"Total denda adalah USD 77,13 juta USD, dikeluarkan di 10 wilayah, termasuk dua provinsi penghasil baja terbesar di Hebei dan Jiangsu, serta Yunnan dan Ningxia di ujung barat dan tenggara Guangdong," kata Kementerian Ekologi dan Lingkungan seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (10/7).

Inspeksi ini melibatkan total 28.076 pelanggaran. Kementerian Lingkungan mengatakan, sebanyak 464 pejabat telah dikenai denda administratif atau bahkan pidana.

Ini merupakan tahun kelima Tiongkok dalam memerangi polusi. Xi bersumpah untuk menggunakan kekuatan penuh untuk mengatasi masalah kerusakan lingkungan yang sudah berlangsung lama.(JawaPos.com/mpo)

Kirim Komentar