10 Jul 2018 09:33
Kerabat Pejabat Ikut Digaet

Terjadi `Perang` Caleg di Internal Parpol

MyPassion

MANADO—Tahapan pencalegan dengan bergulir. 16 partai politik (parpol) di semua tingkatkan diberi kesempatan 14 hari mengajukan bakal calon legislatif (bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sayangnya hingga saat ini terpantau belum ada parpol yang berani unjuk line up atau daftarkan diri di KPU. KPUD dan KPU provinsi masih nihil. Rupanya seleksi super ketat sedang diberlakukan di parpol. Perang figur sudah mulai terjadi. Sejumlah kerabat pejabat, baik anak maupun saudara dipasang di daftar caleg.

 

Seperti diungkapkan juru bicara DPD I Partai Golkar Sulut Feryando Lamaluta. “Memang harus diseleksi ketat. Golkar tidak akan sembarangan menempatkan bacaleg. Mulai dari DPRD kabupaten sampai DPR-RI,” tegasnya. Dia mengatakan, Golkar sedang mematangkan nama-nama yang akan diusung. “Dalam waktu dekat sudah ada. Termasuk yang di DPR-RI. Kalau semua sudah keluar, kita akan umumkan. DPP juga belum memutuskan siapa saja yang diusung nanti," ungkapnya.

Menurutnya, alasan Golkar belum ke KPU bukan karena sulitnya syarat yang disampaikan penyelenggara Pemilu. "Kita tunggu saja dalam beberapa hari ke depan, setelah DPP sudah putuskan kita umumkan. Pokoknya sebelum KPU menutup pendaftaran, semua telah kita rampungkan. Kalau sekarang semua masih berproses," tuturnya.

Sementara dari informasi yang dihimpun, penentuan bacaleg di Golkar cukup ketat. Partai berlambang pohon beringin ini berambisi memenuhi target mulai dari DPR-RI hingga DPRD kabupaten/kota. Hanya saja kabar beredar, hasil Pilkada serentak 2018 mempengaruhi penentuan calon. “Mungkin ada beberapa yang dicoret imbas Pilkada 2018,” beber sumber resmi Koran ini.

Misalnya saja di Minahasa. Baik tingkat kabupaten maupun DPRD provinsi diperkirakan terjadi perombakan. Bahkan, diisukan Careig N Runtu kemungkinan besar tak akan diakomodir dalam pencalegan di tingkat provinsi. Delapan nama kuota Golkar yang akan diajukan ke KPU sudah rampung. Sejumlah nama beken bertengger. Di antaranya Inggried Sondakh, Miky Wenur, Denny Rindengan, Oklen Waleleng.

Kemudian di DPR-RI, Golkar memasang sejumlah politisi senior. Namun sumber mengungkap, nama-nama ini belum final. “Proses dan hasil Pilkada sangat berpengaruh,” tukas sumber. Dari sederet nama-nama kandidat Golkar di DPR-RI terdapat dua orang yang dikenal anak pejabat dan mantan pejabat. Yakni Jerry Sambuaga, anak petinggi Golkar Theo Sambuaga yang juga dikenal mantan menteri, dan Adrian Paruntu yang adalah putra Bupati Minahasa Selatan Christiany Paruntu.

Tak hanya Golkar, PDI Perjuangan pun sedang dalam proses penggodokan calon. Dan konstalasi di internal partai pasca Pilkada 2018 menurut sumber berubah. Paling kentara di dapil Minahasa-Tomohon dan DPRD Minahasa. Sumber Manado Post menyebut, ada nama yang akan dicoret imbas hasil Pilkada Minahasa.

12
Kirim Komentar