10 Jul 2018 12:57

Terdakwa Cabul Dituntut 14 Tahun Penjara

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Maraknya kasus percabulan di Manado, membuat aparat terkait harus memberikan efek jerah. Agar menjadi warning bagi semua warga, untuk tidak melakukan hal tak terpuji ini.

 

Seperti yang dilakukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Manado yang menyeret terdakwa JM alias Jinggo (37) Warga Kecamatan Wanea, pelaku percabulan yang dituntut 14 tahun penjara.

Menurut penilaian JPU Mitha Ropa, JM telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana percabulan serta penculikan terhadap anak di bawah umur.  “Sebagaimana yang dimaksud dalam dakwaan kesatu primair Pasal 81 Ayat (1) Undang-Undang (UU) RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak  dan Kedua Pasal 83 Junco. Pasal 76 F UU RI Nomor 35 Tahun 2014,” jelas JPU di hadapan Majelis Hakim Denny Tulangow, Senin (9/7) kemarin.

Tak hanya terancam berada di jeruji besi selama 14 tahun, terdakwa JM juga dituntut harus membayar denda sebesar Rp 100 juta. JPU menegaskan, jika terdakwa tidak membayar uang denda tersebut maka diganti dengan kurungan selama 6 bulan.

Sebelumnya, terungkap dalam persidanganh, perbuatan terdakwa JM dilakukan November 2017 lalu. Diketahui, saat itu korban yang sedang bermain dengan teman-temannya kemudian dipanggil oleh terdakwa.

Terdakwa mengatakan bahwa dirinya merupakan suruhan orang tua korban untuk menjemputnya. Dengan bujuk rayu terdakwa, korban yang polos pun percaya dan ikut dengan terdakwa JM. Terdakwa kemudian membawa korban ke suatu perkebunan di Desa Koka dan mencabulinya. Beruntung aksi tersebut cepat dipergoki warga sekitar. Terdakwa kemudian langsung kabur sampai akhirnya ditangkap polisi. Sedangkan anak kecil tersebut dikembalikan kepada orangtuanya.(rgm/ria)

Kirim Komentar