10 Jul 2018 16:36

Tekan Inflasi, BI Gandeng Ibu-ibu

MyPassion
Kepala BI Perwakilan Sulut Sekowardojo saat menyerahkan bantuan bibit rica kepada W/KI Sinode GMIM sebagai bentuk upaya menekan inflasi akibat barito.(Dok BI)

MANADOPOSTONLINE.COM—Bank Indonesia (BI) terus melakukan upaya menekan laju inflasi. Salah satunya dengan menggandeng ibu-ibu GMIM. Kemarin (9/7), BI bekerja sama dengan Wanita Kaum Ibu (W/KI) memberikan ribuan bibit tanaman rica (cabe, red), tomat dan daun bawang.  “Untuk tahap awal kami menyerahkan masing-masing dua ribu bibit tanaman rica, tomat dan daun bawang ke W/KI GMIM,” kata Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo.

Dia melanjutkan, di tahap kedua akan disalurkan sebanyak empat ribu bibit. Secara total, tahun ini akan diserahkan 20 ribu bibit dari BI untuk Sulut sebagai gerakan Barito (bawang, rica, tomat) untuk kendalikan inflasi. “Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sulut dalam upaya mengendalikan inflasi,” ungkap Soekowardojo.

Tujuannya, lanjut Soekowardojo, agar bibit dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya kelompok W/KI GMIM. “Kami berharap bibit yang diserahkan dapat dirawat, dijaga, dan dipelihara dengan baik agar dapat dipanen nanti untuk kebutuhan sehari-hari,” kata dia.

Dia berharap, pemberian bibit ini dapat mengendalikan kenaikan harga bawang daun, rica, dan tomat melalui peningkatan kemandirian masyarakat. “Inflasi merupakan kenaikan harga yang seringkali menjadi hambatan dalam perekonomian karena dapat mengurangi kesejahteraan masyarakat. Seiring dengan menurunnya daya beli terutama pada barang-barang konsumsi sehari-hari,” pungkas Soekowardojo. Penyerahan bibit cabai, tomat dan bawang daun langsung diserahkan oleh Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo kepada Ketua W/KI GMIM Adriana Dondokambey di Kolongan, Minahasa Utara. (fgn)

Kirim Komentar