10 Jul 2018 11:51

TIFF Direncanakan Dihadiri Jokowi

MyPassion
Menparekraf Arief Yahya (ke lima kiri) bersama Wali Kota Jimmy Eman (ke enam kanan) didampingi Wakil Wali Kota Syerly Sompotan (ke empat kiri) beserta pejabat dan perwakilan Kemenparekraf memukul Kolintang sebagai pertanda gelaran rangkaian TIFF 2018 dimulai.(Julius/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM—Pemerintah Kota Tomohon punya tugas berat mengemas dan mempersiapkan agenda pariwisata nasional Tomohon International Flower Festival (TIFF). Atraction, performance dan dance, jadi tiga poin yang ditekankan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Arief Yahya di saat pembukaan TIFF di Gedung Balairung Aula Kemenparekraf, Senin (9/7) kemarin. “Atraksi, koreografi tarian, tampilan float peserta yang berpartisipasi, bikin acara (TIFF, red) berkelas nasional. Ibaratnya, ini pasadenanya Indonesia. Kan rencananya pak Presiden Joko Widodo akan hadir. Jangan sampai beliau kecewa,” ujar Yahya.

Lebih jauh, dikatakannya, barometer pertumbuhan pariwisata di Kota Tomohon terdongkrak akibat peran kabupaten/kota yang ada di sekitarnya.  “Sulawesi Utara selang empat tahun terakhir, tingkat pertumbuhannya melebihi ambang batas rata-rata, kurang lebih 66 persen growthnya. Tourism, dan Tomohon jadi kontributor selain Kota Manado,” imbuh dia.

Sementara, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman menyatakan, peningkatan kualitas sajian TIFF sejalan dengan dikatrolnya sarana dan fasilitas pendukung. Memang, kata dia, keterbatasan hunian nantinya jadi masalah tersendiri. “Mudah-mudahan progres pembangunan hotel bintang lima yang sementara dikerjakan di Kelurahan Kakaskasen bisa selesai, syukur-syukur sebelum TIFF. Tapi, ada pemanfaatan rumah-rumah disekitar, yang representatif untuk dijadikan home stay,” kata dia.

Senada, Ketua Umum TIFF 2018 Coreta Kapojos menambahkan, proses persiapan pelaksanaan TIFF tahun ke-8 yang mengangkat tema ‘Beautiful Tomohon’ jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. “Yang paling baru, 11 delegasi negara yang sudah memastikan hadir. Prince And Princess Georgia direncanakan ikut ambil bagian,” pungkas Kapojos. (jul/fgn)

Kirim Komentar