10 Jul 2018 11:43

Potensi Pariwisata Tomohon Perlu Dikembangkan

MyPassion
Daniel Mewengkang

MANADOPOSTONLINE.COM—Tingginya potensi dan prospek destinasi wisata yang ada di Tomohon perlu ditunjang semua pihak. Tiap tahunnya, pemerintah provinsi mengalokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk meningkatkan sarana dan prasarana pariwisata. Namun, kurangnya ketersediaan lahan yang dimiliki pemerintah jadi kendala tersendiri. Alhasil, tahun ini, alokasi DAK tidak ada tahun ini. “Ada dananya, tapi tidak bisa dialokasikan, karena masalah kepemilikan lahan, itu jadi kendala kita,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang.

Lanjut dia, tak hanya soal finansial, hampir semua daerah yang memiliki spot wisata di Sulut perlu didorong lagi soal ketersediaan fasilitas komunikasi. “Khususnya ketersediaan menara provider, pariwisata itu yang paling penting promosinya. Maksimal, pendapatan daerah juga optimal,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Tomohon Gerardus Mogi menyatakan hal serupa. Tingkat kebutuhan lahan yang minim dimiliki pemerintah kota, jadi penyebab kota bunga tak kecipratan DAK seperti tahun 2017 lalu.

“Tahun lalu DAK khusus untuk sektor pariwisata sebesar Rp 400 juta. Tahun ini, disayangkan karena lahan yang kita miliki diperuntukkan untuk pembangunan pasar, rumah sakit dan lainnya,” ujar Mogi sembari menambahkan, penambahan aset tak bergerak tersebut nantinya akan dibahas dalam proses perubahan APBD perubahan Agustus nanti. “Mudah-mudahan tahun depan ada, tapi harus segera diusulkan,” tutupnya.(jul/fgn)

Kirim Komentar