10 Jul 2018 10:00

Pelantikan Kepala Daerah Terpisah

MyPassion
Steven Kandouw

MANADO—Calon kepala daerah terplih dalam kontestasi pilkada serentak belum lama ini, direncanakan dilantik Gubernur Sulawesi Utara (Sulut). Namun pelantikan rencananya tidak dilakuan serempak, melainkan di daerah masing-masing. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw kepada koran ini, Senin (9/7).

 

"Kita rencanakan memang pelantikan nanti akan dilaksanakan di daerahnya masing-masing. Kan mereka ini akan dilantik September. Jadi kalau jangka waktu pelantikan bisa berbeda-beda tanggal, maka kita buat di daerah," ungkapnya.

Kandouw mengatakan, pelantikan akan dilakukan pada Sebtember nanti. Karena jelasnya, rata-rata masa jabatan kepala daerah petahana habis di akhir September.

"Ya kalau ada perubahan nanti saya kabari lagi. Kita inginnya memang dilantik di daerah. Namun ini baru rencana kita. Ada perubahan atau tidak nanti kita menyesuaikan. Yang pasti itu, mereka akan dilantik September ini," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut Jemmy Kumendong mengatakan, ada tiga tahapan pelantikan sesuai aturan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

“Untuk tahap pertama ada tiga daerah pelantikannya pada September yakni Minahasa, Sitaro dan Bolmut. Sedangkan tahap kedua dan ketiga ada tiga daerah lainnya akan dilantik pada Desember dan Juli 2019. Namun semuanya tinggal menunggu arahan dari pemerintah pusat, yakni Kemendagri yang mempunyai hak penuh mengaturnya," tandasnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar