10 Jul 2018 10:56

Miliki 34 Lantai, Pencakar Langit Victoria Segera Hadir di Manado

MyPassion
Ilus

MANADOPOSTONLINE.COM—Iklim investasi di Manado terus bergeliat. Buktinya, dalam waktu dekat ini Manado akan ketambahan satu lagi gedung pencakar langit. Yaitu Apartemen Victoria.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado Yohanis Waworuntu, melalui Kepala Bidang Lingkungan DLH Standy Lonteng mengatakan, Apartemen Victoria akan dibangun di Kelurahan Sario Utara, Kecamatan Sario dengan luas lahan 5.000 meter persegi. “Tinggi apartemen sekitar 34 lantai. Ini akan menjadi gedung tertinggi di Manado,” katanya.

Menurut dia, pihak pengelola belum melakukan pembangunan karena masih mengikuti prosedur yaitu pemenuhan dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL-RPL).

“Sudah dua kali pertemuan dalam pembahasan Amdal RKL-RPL. Kami meminta pihak pengembang melengkapi kajian mendalam pengelolaan limbah, drainase, IPAL, karena daerah tersebut rawan banjir,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya memberikan kesempatan selama dua minggu untuk melengkapi dokumen yang diminta. Setelah dokumen sudah lengkap, baru akan dikeluarkan surat kelayakan lingkungan dan izin lingkungan.

“Jadi kami berhati-hati memberikan rekomendasi kelayakan dan izin lingkungan. Jangan sampai dikemudian hari jadi masalah,” katanya.

Dia menambahkan, setelah mendapatkan rekomendasi, baru pihak investor akan mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) Manado.

Terpisah, Pengamat Ekonomi Sulut Joy Tulung PhD mengatakan, dengan bertambahnya satu apartemen di Manado akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Selain itu juga, akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapat dari pajak dan retribusi daerah,” kata Dosen Ekonomi Unsrat itu.

Dia menambahkan, dampak lain, dengan munculnya investasi baru yaitu mengurangi angka pengangguran. “Sebab lapangan kerja pastinya bertambah,” pungkasnya.(ite/can)

Kirim Komentar