10 Jul 2018 17:28

Kim Jong Un Pilih Urusi Kentang daripada Bertemu Menlu AS

MyPassion
Kim melakukan perjalanannya ke Kabupaten Samjiyon, di perbatasan dengan Tiongkok. Di peternakan kentang Junghung, dia menginstruksikan staf tidak hanya untuk menanam varietas, tetapi juga untuk memperkenalkan berbagai jenis kentang yang bagus.(SCMP)

Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un sepertinya terlalu sibuk mengunjungi pertanian kentangnya dibandingkan bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Pernyataan ini disiratkan oleh media Korut.

Media di Pyongyang biasanya akan memperlihatkan kegiatan pemimpin mereka di televisi maupun di halaman pertama koran mereka. Namun, selama tujuh hari belakangan, Kim tak terlihat dan mengundang banyak spekulasi tentang keberadaannya.

Misteri itu lalu terpecahkan pada ketika ada empat laporan pada pekan ini bahwa Kim mengunjungi Kabupaten Samjiyon, di perbatasan dengan Tiongkok. Di peternakan kentang Junghung, dia menginstruksikan staf tidak hanya untuk menanam varietas, tetapi juga untuk memperkenalkan berbagai jenis kentang yang bagus untuk dicicipi.

Cara menanam yang menjamin kualitas makanan kentang olahan dalam produksi dan dengan demikian meningkatkan kualitas produksi kentang. Kantor berita KCNA tidak mengatakan kapan perjalanan itu dilakukan.

Namun, Kim Yong Chol, tangan kanan Kim mengatakan kepada seorang pejabat Seoul yang berkunjung minggu lalu bahwa pemimpin itu pergi untuk melakukan perjalanan ke wilayah lokal. Pompeo berada di Pyongyang dari Jumat hingga Sabtu pekan lalu untuk mencoba menyempurnakan kesepakatan denuklirisasi yang dibuat selama pertemuan bersejarah bulan lalu antara Kim dan Presiden AS Donald Trump.

Gedung Putih mengatakan, sebelumnya Pompeo akan bertemu dengan Kim. Akan tetapi pertemuan itu tidak terwujud dan diplomat AS hanya bertemu dengan Kim Yong Chol.(JawaPos.com/mpo)

Kirim Komentar