10 Jul 2018 12:03

Kejar Target PTSL, Kades Kiama Induk Kabupaten Talaud Data Tanah tak Bersertifikat

MyPassion
Proses pemasukan daftar tanah masyarakat yang belum tersertifikasi di salah satu desa di Kecamatan Melonguane, kemarin.(Fikantri/Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COMN—Tanah di Kabupaten Kepulauan Talaud didata. Pendataan dilakukan di 142 desa, 11 kelurahan, dan 19 kecamatan. Kepala Desa (Kades) Kiama Induk Lambertus Losoh mengimbau masyarakat segera mendaftarkan tanah yang belum memiliki sertifikat.

"Ini untuk mewujudkan program pemerintah pusat, karena berdasarkan surat edaran, pemerintah kabupaten harus memerintahkan setiap desa, kelurahan, dan kecamatan untuk melakukan pendataan tanah-tanah yang belum bersertifikat," ujarnya. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini gencar dilakukan. "Didata semua kemudian dimasukkan ke sekretariat daerah. Untuk sekarang, sudah ada 30 warga Kiama Induk mendaftarkan tanah belum bersertifikat," tambah Losoh.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional  (BPN) Talaud Alexander Wowiling melalui  Kasubsi Penetapan Hak Tanah Woi Maatiri menjelaskan, pihaknya juga sudah mengurus sertifikat 2.500 bidang tanah di tiga desa di Karatung pada Februari, Maret, dan April. Kini sudah dalam proses pengurusan.

“Tahun ini tak ada lagi program atau proyek nasional. Prona telah berubah nama menjadi PTSL. Untuk sekarang kami tak pernah menyurat ke desa-desa maupun kelurahan terkait pengurusan sertifikat tanah. Untuk pengalihan hak juga harus diurus sendiri oleh pemilik tanah," jelasnya.(fik/gel)

Kirim Komentar