10 Jul 2018 17:14

Kebijakan Baru BI untuk Warga Sulut, Kredit Rumah Tanpa Uang Muka

MyPassion
Ilustrasi: perumahan (Manado Post Online)

MANADOPOSTONLINE.COM - Untuk memberikan kemudahan kepada warga Nyiur Melambai, Bank Indonesia (BI) menyediakan pelonggaran ketentuan mengenai Loan to Value (LTV) atau Financing to Value (FTV).

Dengan adanya kebijakan baru tersebut, masyarakat bisa mendapatkan rumah tanpa uang muka. Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo menyampaikan, semoga dengan adanya kebijakan ini, banyak masyarakat terbantu untuk mendapatkan rumah dengan mudah.

"Karena sudah tak ada uang muka, semoga kredit perumahan rakyat (KPR) akan meningkat," harap pria yang akrab disapa Koko ini, Selasa (10/7).

Diketahui, penyesuaian kebijakan makroprudensial melalui penyempurnaan ketentuan mengenai LTV/FTV tertuang dalam PBI No. No.18/16/PBI/2016 tentang Rasio Loan to Value untuk Kredit Properti, Rasio Financing to Value untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor.

Kebijakan ini juga dilatarbelakangi dalam rangka meningkatkan permintaan domestik guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan tetap menjaga stabilitas makro ekonomi.

Sehingga diperlukan penyesuaian terhadap kebijakan makroprudensial untuk mendorong berjalannya fungsi intermediasi perbankan dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan perlindungan konsumen. (gab)

Kirim Komentar