10 Jul 2018 13:35

Damkar di Minahasa Terkecoh Telepon Hoax, Polisi Selidiki Nomor Telepon Pemberi Informasi

MyPassion
Satu mobil Damkar yang kecelakaan akibat menanggapi berita hoax kebakaran di Desa Mahembang, Kecamatan Kakas.(Facebook)

MANADOPOSTONLINE.COM—Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Minahasa kemarin (9/7) menerima telepon informasi kebakaran yang ternyata hanyalah hoax. Informasi dihimpun, kebakaran fiktif ini bermula saat ada tiga telepon masuk yang diterima petugas Damkar. Yang menyebutkan adanya kebakaran di Desa Mahembang, Kecamatan Kakas.  Petugas pun langsung ke lokasi dengan kecepatan tinggi.

Sialnya, dalam perjalanan ke Mahembang, mobil Damkar yang ditumpangi delapan petugas mengalami kecelakaan. Beruntung tidak ada korban yang cedera dalam kejadian ini.  Kepala Dinas Damkar Minahasa Alex Mamesah pun menyayangkan telepon hoax ini.  Dia meminta, masyarakat tidak main-main dalam memberikan kabar kebakaran dan bencana lainnya. “Yang kami permasalahkan adalah kabar terkait kebakaran yang tidak benar (hoax) yang mengatakan ada kebakaran. Setelah sampai di tempat kejadian tidak kejadian apa-apa di tempat. Kami pun baru menyadari di Desa Mahembang belum ada jaringan telepon,” kata Mamesah.

Dia pun bersyukur tidak ada korban dalam kecelakaan ini. “Kami bekerja dengan risiko tinggi. Jangan hanya dipermainkan. Karena semua informasi aduan pasti kami tindak lanjuti,” pungkas Mamesah.

Sementara, terkait kejadian ini, Kasat Reskrim Polres Minahasa AKP Franky Ruru menegaskan, pihaknya akan ambil tindakan. “Masalah seperti ini harus ditindak lanjuti karena di satu sisi dapat membahayakan orang lain. Kami akan menyelidiki siapa yang memberikan berita kebakaran palsu ini, kita akan melacak no telepon,” tutup dia.(ctr-02/fgn)

Kirim Komentar