10 Jul 2018 17:16

Begini Penampakan Kapal Selam Mini Guna Selamatkan Anak-anak di Gua

MyPassion
Kapal selam mini yang ditawarkan Elon Musk untuk selamatkan anak-anak yang masih di gua.(NDTV)

MANADOPOSTONLINE.COM—Miliarder Amerika Serikat (AS) Elon Musk membawa kapal selam mini ke Thailand untuk menyelamatkan anak-anak yang terjebak dalam gua. Seperti dilansir Bangkok Post pada Selasa (10/7), pendiri Tesla dan SpaceX tersebut melalui akun Twitter-nya mengatakan, ia akan mengunjungi Gua Tham Luang pada Senin dan Selasa pagi.

Musk mengaku, dia meninggalkan kapal selam mini di sana untuk misi penyelamatan anak-anak tim sepak bola Thailand. Saat ini mereka masih dalam proses evakuasi. "Baru kembali dari Gua 3," kata Musk di akun Twitter-nya.

Musk menuliskan, "Kapal selam mini atau mini sub ini sudah siap jika diperlukan. Kapal terbuat dari suku cadang roket dan diberi nama Wild Boar yang kini diperuntukkan bagi tim sepak bola anak-anak. Semoga alat ini berguna dalam misi penyelamatan ke depannya," ujarnya.

Di Instagram, ia menayangkan video dari gua yang banjir dengan tim penyelamat. Gua 3 berjarak sekitar dua kilometer dari pintu masuk jaringan gua dan merupakan basis bagi tim penyelamat.

Para pemain masih menunggu penyelamatan sekitar dua kilometer lagi, pada titik yang sangat sulit untuk diakses. Sejauh ini tidak ada petunjuk bahwa penyelamat Thailand berencana menggunakan prototipe Musk.

Pada Senin malam, tim penyelam berhasil membawa delapan anggota tim sepak bola. Upaya penyelamatan tim sepak bola muda Thailand telah dibantu oleh para ahli dari seluruh dunia. Dalam proses evakuasi ini seorang mantan penyelam Angkatan Laut Thailand meninggal akibat kehabisan oksigen di gua pada Jumat. Ini menunjukkan misi evakuasi anak-anak di gua bawah tanah cukup berbahaya.

Setelah mengusulkan ide awal memasang tabung udara raksasa di dalam kompleks gua dan menggunakan radar penetrasi perusahaannya untuk menggali lubang untuk menjangkau anak-anak, Musk menawarkan ide kapal selamnya. Ia mengatakan, pada dasarnya kapal selam kecil, ukuran anak-anak menggunakan tabung transfer oksigen cair.

Musk mengatakan, kapal selam mini itu cukup ringan untuk dibawa oleh dua penyelam, kuat, dan cukup kecil untuk melewati celah sempit. Ia mengunggah video penyelam yang mengawal kapal selam mini tersebut selama pengujian di kolam renang Los Angeles.

Pekan lalu, Musk mengatakan dia mengirim tim ke Thailand dari perusahaan eksplorasi ruang pribadinya, SpaceX, dan perusahaan teknik, Boring Co yang mengembangkan sistem terowongan untuk proyek transportasi. Sambil menawarkan kapal selam mini sebagai penyelamat potensial, Musk menggunakan kesempatan untuk mempromosikan eksplorasi ruang angkasa.(JawaPos.com/mpo)

Kirim Komentar