10 Jul 2018 12:42

Bacaleg di Sitaro Wajib Isi e-LHKPN

MyPassion
Stephen Londok

MANADOPOSTONLINE.COM—Bakal calon legislatif (Bacaleg), wajib melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Sitaro Stephen Londok SE, usai mengikuti sosialisasi PKPU 20 tahun 2018 dan e-LHKPN Senin (9/7), kemarin.

Ia membeberkan, hal tersebut untuk mengetahui cash flow para calon tersebut. "Pelaporan dapat disampaikan melalui Aplikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (e-LHKPN)," ucapnya.

Londok menambahkan, sekarang semua sudah memakai aplikasi. Termasuk pelaporan LHKPN. Tata cara pelaporan LHKPN lanjutnya, ada dua sumber. Calon yang dulunya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN. "Bedanya, apabila bukan ASN bentuknya pelaporan biasa LHKPN. Jika ASN ada dua kemungkinan. Pernah lapor dan belum," tambahnya.

Selanjutnya tambah Londok, para calon bisa login dan isi LHKPN untuk disampaikan ke KPK. Kemudian dinyatakan laporan selesai apabila yang bersangkutan sudah mendapatkan kode token atau autentifikasi yang dikirim ke email dan nomor HP.

“Seluruh pengisian LHKPN secara elektronik. Tetapi ada satu dokumen yang dikirim secara fisik, yaitu surat kuasa pada lembaga keuangan yang formatnya bisa diunduh di aplikasi. Khusus bukti kepemilikan harta bisa disisipkan pada e-LHKPN atau dikirim email, atau dikirimkan fisiknya ke KPK,” pungkasnya.(drp/gel)

Kirim Komentar