10 Jul 2018 16:57

Bacaleg Wajib Lapor Harta Kekayaan

MyPassion
Ardiles Mewoh

MANADOPOSTONLINE.COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut menggelar Sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 20 tahun 2018 dan e-LKHPN bagi calon anggota DPD dan Parpol peserta pemilu tahun 2019. Sosialisasi ini diadakan di Hotel Peninsula, Senin (9/7) pukul dan dihadiri 19 calon DPD, 14 utusan parpol, dan komisioner KPU Divisi Teknis se-kabupaten/kota di Sulut.

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan, hal utama diadakannya sosialisasi ini untuk memberikan kepastian hukum, persamaan persepsi, dan pendapat mengenai norma-norma dalam PKPU No 20 tahun 2018.

Selain itu, KPU Sulut juga menerima surat dari KPU RI terkait kewajiban KPU untuk sosialisasi pelaporan secara elektronik harta kekayaan pejabat negara (e-LKHPN).

“Dalam ketentuan Peraturan KPU baik calon anggota DPD dalam PKPU No 14 tahun 2018 maupun pencalonan anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota ada kewajiban menyampaikan LKHPN. KPK sudah membuat aplikasi pelaporan secara online disebut e-LKHPN. Melalui sosialisasi ini nantinya akan membantu mempermudah calon DPD maupun parpol,” paparnya.

Mewoh mengimbau pimpinan parpol, khususnya calon DPD untuk menjalankan aturan ini karena batasnya hanya sampai 11 Juli 2018. “Mari kita manfaatkan waktu yang tersisa ini dengan efisien. Jika masih ada yang perlu dikonsultasikan kami menyediakan layanan helpdesk di kantor KPU Provinsi," tuturnya.

Sementara itu, Komisioner divisi teknis Yessy Momongan mengatakan LKHPN itu adalah kewajiban. “Sampai saat ini masih ada dua bakal calon belum mengambil formulir sebagai syarat dalam pencalonan DPD,” pungkasnya.(ctr-04/gel)

Kirim Komentar