10 Jul 2018 12:32

Anak Di Bawah Tujuhdi Sitaro Bisa Daftar SD

MyPassion
Robert Kahiking

MANADOPOSTONLINE.COM—Aturan baru tentang batas umur minimal masuk sekolah dasar (SD), yakni wajib berumur tujuh tahun, belum dapat direalisasikan. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Pendidikan Agustina Budiman. Ia membeberkan, saat ini telah diberikan kelonggaran sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 14 tahun 2018, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.

"Dalam Permen tersebut masih ditoleransi bagi yang genap berusia enam tahun per satu Juli. Sedangkan berusia lima tahun setengah, membawa rekomendasi dari psikiater atau guru yang mana anak tersebut, sudah mampu, baik berpikir, emosional, dan sebagainya," terangnya.

Lanjut Budiman, untuk anak berusia tujuh tahun, diwajibkan sekolah menerima. "Saat ini jumlah berapa yang masuk sekolah dengan rentan usia mereka masih belum diketahui. Sebab biasanya sekolah nanti memasukkan setelah selesai proses penerimaan," singkatnya.

Kadis Pendidikan Robert Kahiking mengungkapkan, penerimaan siswa SD dan SMP masih dilakukan secara manual. "Sebab pemberlakuan penerimaan siswa secara online baru dilakukan untuk SMA/SMK," tuturnya.

Terkait kurikulum, Kahiking menambahkan sudah tidak lagi menggunakan kurikulum lama yakni tahun 2006. "Sekolah akan memberlakukan kurikulum 2013. Ada beberapa penyesuaian seperti jam mata pelajaran, struktur kurikulum," pungkasnya.(drp/gel)

Kirim Komentar