10 Jul 2018 09:53

6 Bulan, 1,3 Juta Penumpang Mendarat di Bandara Sam Ratulangi Manado

MyPassion

MANADO—Sepanjang semester satu Bandara Sam Ratulangi (Samrat) sudah mendaratkan sebanyak 1,3 juta penumpang. Baik domestik maupun internasional. Tercatat, tahun 2017 jumlah penumpang selama periode Januari-Juni yaitu sekira 1,2 juta pax. “Tahun ini, di periode yang sama naik sekira sembilan persen menjadi 1,3 juta,” beber GM Bandara Samrat Manado Minggus Gandeguai. Sedangkan untuk pesawat, lanjut dia, naik dari 13 ribu selama Januari-Juni 2017 menjadi 14 ribu di periode yang sama tahun ini.

 

Sementara, di sisi penumpang internasional, Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut mencatat, wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Sulut cukup banyak. Di bulan Mei saja, jumlah kedatangan wisman melalui pintu Bandara Samrat mencapai 9.405. Yang didominasi wisman Tiongkok 8.324. “Tiongkok menjadi penyumbang terbanyak wisman di Sulut. Disusul Amerika Serikat (AS), Jerman dan Australia (lihat grafis, red),” singkat Kepala BPS Sulut Mohamad Edy Mahmud.

Di sisi lain, meningkatnya jumlah penumpang dan penerbangan tahun ini, menurut pengamat ekonomi Sulut Johan Tumiwa, turut disebabkan karena faktor promosi wisata di Sulut. “Penyebabnya yaitu promosi wisata Sulut yang semakin gencar. Hal ini mempengaruhi penerbangan khususnya jumlah penumpang,” ucapnya.

Selain itu, akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat ini menilai, dibukanya jalur internasional turut mendongkrak peningkatan jumlah penerbangan. “Jadi bandara kita sekarang menjadi pintu masuk wisatawan mancanegara khususnya yang ada di Asia Timur, hal ini tak lepas dari promosi wisata lokal Manado yang semakin berkembang lewat sosial media yang ada,” tandasnya. (tr-05/fgn)

Kirim Komentar