10 Jul 2018 15:53

300 Hektare Bangun Kawasan Investasi, Bupati Boltim: Gairahkan Perekonomian Daerah

MyPassion
Sehan Landjar

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabupaten Boltim akan segera miliki kawasan investasi. Sebab, PT Ronumout akan segera mengalihkan lahan  Hak Guna  Usaha (HGU) seluas 300 hektare,  di Kecamatan Tutuyan.  

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Boltim Ikhsan Pangalima, Pemkab Boltim dan pihak PT Ranomout sudah ada kesepakatan untuk mengalihkan lahan HGU Tutuyan menjadi area investasi. "Nantinya kawasan perkotaan, restoran, hotel, perusahaan dan lain-lain akan dibangun di lahan tersebut," katanya.

Namun, dia menekankan pengalihan status lahan, dari pihak Pemkab Boltim saat ini masih dalam proses peninjauan kembali (PK) RTRW. "Jika PK RTRW sudah selesai, maka pengalihan status HGU menjadi kawasan investasi sudah bisa dilakukan," dia memastikan.

Lanjut dia,  nantinya pembangunan jalan perkebunan di kawasan HGU akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada 2018. "Pembangunan jalan perkebunan akan segera dilakukan. Dan akan ditangani langsung oleh PT Ronumout. Dan pasti akan segera terlaksana," yakinnya.

Dia pun menegaskan, rencana peningkatan sektor investasi di Boltim tinggal menunggu  dokumen pelaksanaan program yang sementara dirampungkan. "Pemkab harus mengikuti mekanisme. Setelah RTRW selesai direvisi baru pengalihan lahan tersebut dilakukan.  Soal waktunya masih belum bisa ditentukan," katanya.

Terpisah, Bupati Boltim Sehan Landjar berharap dengan adanya lahan investasi tersebut, bisa menggairahkan perekonomian daerah. "Lahan yang disediakan harus ditempati. Tinggal bagaimana caranya kita meyakinkan para investor untuk datang ke Boltim. Agar geliat perekonomian semakin bagus dan terbuka," pungkas Landjar.(tr-01/ite)

Kirim Komentar