09 Jul 2018 16:58

Wajib Pilih Harus Kantongi e-KTP

MyPassion
Fahmi Gobel

MANADOPOSTONLINE.COM—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolmong melaksanakan sosialisasi dan pendidikan politik bagi keluarga agar sadar pemilu tahun 2019, pekan lalu. Sosialisasi dengan tema Forum Warga Berbasis Keluarga itu, berjalan lancar. "Kiranya apa yang didapat melalui sosialisasi ini menjadi pengetahuan yang bisa diinformasihkan pada orang lain,” harap Ketua KPU Bolmong Fahmi Gobel.

Ditambahkan Komisioner KPU Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Deandels Samboadile, wajib pilih harus memastikan jika dirinya masuk dalam daftar pemilih tetap sesuai e-KTP. “Cek kembali data yang ada. Bbaik tanggal lahir, tempat lahir, dan domisilinya kalau sudah sesuai," tuturnya. Menurutnya, jika perlu ada forum tersendiri terkait teknis dan tahapan pemilu. Sehingga peserta atau masyarakat yang hadir dapat menghubungi KPU Bolmong untuk memberikan informasi lebih lengkap. 

"Masyarakat diharapkan menggunakan hak pilihnya dan berpatisipasi pada 17 April 2019, saat pemilu nanti. Juga berperan aktif menggunakan hak pilihnya, jangan sampai golput," jelasnya. Di samping itu wajib pilih harus menggunakan e-KTP. “Saya mengimbau, masyarakat mengecek nama DPT dan pastikan apakah sudah terdaftar atau tidak. Terpenting menggunakan e-KTP," tambah Komisioner KPU Bolmong Divisi Data Isnaidin Mamonto. 

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Sulut dan Koorwil Bolmong raya Salman Saelangi menjelaskan, pentingnya keterlibatan masyarakat baik perorangan atau pun kelompok untuk berpatisipasi saat penyelenggaraan pemilu. "Sangat diharapkan semua wajib pilih memenuhi syarat, karena satu suara sangat dibutuhkan untuk suksesnya pemilu," ujarnya. 

Dijelaskannya, partisipasi masyarakat sudah cukup baik di Bolmong. Itu dilihat  saat Pilkada lalu. "Partisipasi masyarakat Bolmong mencapai 80,2 persen. Itu mengalami peningkatan. Pada Pilgub 2015  partisipasi masyarakat  53 persen," tuturnya.(cw-03/gel)

Kirim Komentar