09 Jul 2018 12:12

Tekan Kemiskinan, Pemkab Minut Bedah 255 Rumah

MyPassion
Sem Tirajoh

MANADOPOSTONLINE.COM—Kabar gembira gagi warga Minahasa Utara (Minut). Pasalnya, tahun 2018 ini, Pemkab Minut lewat Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) bakal membedah 255 rumah warga kurang mampu.

Kepal Dinas Perkim Drs Sem Tirayoh mengatakan, berdasarkan pagu yang ada, pihaknya akan membedah 255 rumah. "Jadi saat ini ada 255 rumah yang masuk Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang semuanya tersebar di 10 kecamatan se-Minut," ujarnya.

Dibeberkan Tirajoh, rumah yang layak dibantu, yakni yang memang benar-benar tidak layak huni, dan penghuni rumah adalah pemilik tanah.

"Jika bukan tanahnya, Ia tidak mendapatkan bantuan karena salah satu persyaratan itu harus memiliki tanah dan rumahnya tidak layak. Jadi pemilik yang akan dibantu bisa menunjukan sertifikat atau surat dari Hukum Tua dan Camat," tukasnya.

Lanjutnya, alokasi anggaran ini berasal dari APBN murni dan bukan Dana Alokasi Khusus (DAK). Jadi untuk pemilihan peserta itu langsung dari tim pengendalian kemiskinan nasional.

"Dinas Perkim Minut hanya menjadi tim verifikasi. Dan setiap rumah, akan mendapat bantuan sekira Rp 17 juta," tukasnya.

Sementara itu, Kumtua Desa Kaima Meydi Reppy Kumaseh mengatakan, sangat bersyukur karena warganya bisa mendapatkan bantuan. "Kiranya kuota bantuan ini bisa bertambah. Karena masih banyak warga yang membutuhkan bantuan ini," tutupnya.(tr-04/ria)

Kirim Komentar