09 Jul 2018 17:33

Mereka yang Pernah Bertahan 69 Hari dalam Tanah, Ada Mukjizat Aneh

MyPassion
Suasana saat penyelamatan penambang Chili yang terjebak selama 69 hari di bawah tanah pada 2010. (CNN)

MANADOPOSTONLINE.COM—Terjebak dalam gua tidak hanya menimpa 12 anak-anak anggota tim sepak bola dan pelatihnya di Thailand. Insiden serupa juga pernah dialami 33 penambang di Chili.

Tambang Chili San Jose runtuh pada 5 Agustus 2010 lalu. Para penambang terperangkap di kedalaman 2.300 bawah tanah. Hebatnya, mereka menghabiskan waktu selama 69 hari di bawah permukaan bumi sebelum akhirnya tim penyelamat berhasil menngevakuasi dan membawa mereka ke tempat aman.

Setelah berhasil selamat, mereka yang terlibat dalam insiden tersebut menceritakan kisahnya sehingga bisa selamat setelah terjebak selama 69 hari di dalam tanah.

Menurut mereka, Tuhan menyertai dan melindungi mereka dengan mukjizat yang tidak dapat dijelaskan dengan gamblang. Mereka menyebut mukjizat itu dengan 'penambang ke-34'. Meski tak terlihat, namun penambang itu dikatakan ada bersama mereka selama terperangkap di dasar tanah.

Salah seorang penambang yang selamat asal Copiapo, Chili, Jorge Galleguilos sebelumnya sempat membuat tanda salib di depan gambar Bunda Maria yang ditempatkan dekat pintu masuk tambang.

Para penambang selalu meminta perlindungan sebelum turun ke bawah tanah untuk menambang. Begitu pun kala musibah runtuhnya Tambang Chile San Jose terjadi. Galleguilos memberikan penghormatan seperti biasa.(JawaPos.com/mpo)

Kirim Komentar