09 Jul 2018 12:24

LPM Tomohon Diminta Naikkan Indeks IPM

MyPassion
Jimmy Eman

MANADOPOSTONLINE.COM—Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Tomohon akhir pekan lalu ternyata memiliki tugas berat. LPM Tomohon diminta meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di kota bunga ini.

“Peran LPM sangat penting dalam meningkatkan, kesejahteraan masyarakat. Tak hanya itu, keberhasilan pemerintah dalam segala sektor ditopang juga oleh peran dan sumbangsih inovasi pemikiran LPM, yang inputnya melalui IPM, pesan Wali Kota Tomohon Jimmy Eman.

Dia menegaskan, peran LPM harus optimal. Posisi IPM Tomohon berada di urutan ke dua, satu strip di bawah Kota Manado. “Secara overall, tingkat pembangunan di Tomohon hanya kalah sedikit dengan Manado. Manado, hanya menang di banyaknya mall saja. Nah, ini yang perlu jadi tanggung jawab kita bersama plus LPM juga,” tambahnya.

Sementara, di tempat yang sama Ketua LPM Kota Tomohon Rooije Rumende menyatakan, dalam tahap awal pembentukan lembaga kredibel dan berkekuatan hukum khususnya yang membidangi adat dan budaya jadi tugas awal. “Karena bagaimanapun juga, eksistensi budaya dan karakter asli masyarakat perlu diback up oleh kehadiran lembaga berbasis budaya ini,” kata Rumende.

Dia  menambahkan, peran LPM nantinya bisa mengusulkan saran dan kritik strategis berjenjang. “Mulai dari kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota. Nah, kami tentunya selektif pada gagasan yang masuk. Mudah-mudahan bisa berlanjut hingga ke Musrembang tingkat provinsi," pungkasnya.(jul/fgn)

Kirim Komentar