09 Jul 2018 14:43
Tiap Parpol Bisa Ajukan 45 Orang

Kuota Bacaleg DPRD Provinsi Capai 720

MyPassion

MANADO—16 partai politik (parpol) diberi keleluasaan mengajukan 45 nama calon anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengacu pada kuota masing-masing daerah pemilihan (dapil). Jika ditotal, maka kuota bakal calon legislatif (bacaleg) khusus DPRD provinsi sebanyak 720 orang. Hal ini disampaikan Komisioner KPU Sulut Divisi Teknis Yessy Momongan. “Sulut memiliki enam dapil. Masing-masing dapil memiliki kuota sendiri yang kalau ditotal jumlahnya 45 dikali 16 parpol,” beber Momongan.

Dia melanjutkan, 720 bacaleg ini nanti harus diajukan parpol paling lambat 17 Juli mendatang. “Kita sudah buka pendaftarannya sejak 4 Juli. Namun belum ada yang mengajukan. Mungkin sementara melengkapi berkas,” sebutnya. Di samping itu mantan Ketua KPU Sulut ini mengingatkan, parpol harus menggunakan Silon. “Kalau memang belum paham, bisa datang ke kantor KPU Sulut. Kami juga sudah lakukan sosialisasi beberapa kali soal itu,” paparnya.

Kasubag Teknis dan Hupmas Rudi Lalonsang mengatakan untuk mendapatkan informasi lebih jelas silahkan mengunjungi kpu.go.id. Di situ dijelaskan terkait pasal 23 ayat (2) dan ayat (3) Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No.16 tahun 2017 tentang penetapan Daerah Pemilihan (Dapil) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Sementara itu, pengamat politik Dr Johny Lengkong mengatakan, tak berubahnya kursi di DPRD Sulut membuat pertarungan pada 2019 mendatang tak jauh beda dengan 2014 lalu. “Hanya saja kemungkinan perolehan kursi masing-masing parpol akan berubah. Apalagi ada beberapa parpol baru yang tak boleh dipandang sebelah mata,” sebutnya.

Dia menyebut, NasDem makin menggigit. “Ini kali kedua mereka ikut Pileg. Tentu amunisi dan strategi sementara disusun agar bisa capai target. Mereka mungkin membidik satu fraksi di DPRD provinsi,” tukasnya. Kemudian, lanjut Lengkong, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Berkarya harus diwaspadai. “Meski masih baru, tapi terlihat mereka sangat siap menyambut Pileg 2019,” tandasnya.(magdalena/gel)

Kirim Komentar