09 Jul 2018 14:57

Gaji 13 PNS Bolmong Disalurkan

MyPassion
Fico Mokodompit

MANADOPOSTONLINE.COM—Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong sumringah. Pasalnya, gaji 13 sudah dicairkan sejak 2 Juli lalu. 

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Fiko Mokodompit menyampaikan, untuk permintaan pembayaran dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) telah masuk kepada perbendaharaan daerah dan telah dicairkan terhitung sejak Senin lalu.

"Kami targetkan pekan ini telah selesai dicairkan. Namun masih ada kendala karena, pekan lalu listrik padam. Kemungkinan pekan depan seluruh PNS sudah menerima gaji ke 13 tahun ini," ungkap, Jumat (6/7), lalu. 

Menurut dia, saat ini masih ada beberapa SKPD yang belum menerima gaji 13. Pihaknya menargetkan pencairan segera selesai. Namun semua dikembalikan lagi ke masing-masing SKPD. Katanya, jika ada yang mengajukan pencairan kita langsung proses. 

"Saya rasa untuk BKD sendiri tidak ada masalah untuk pencairan. Sedangkan beban pemberian gaji 13 ini menjadi tanggungan APBD Bolmong tahun 2018. Ini juga telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri Keuangan RI," tuturnya. 

Dia menjelaskan, PNS saat ini tidak hanya menerima gaji 13, melainkan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) reguler, gaji ke 13 untuk para Pegawai. "Berkas pengajuan pembayaran gaji reguler dan gaji ke 13 oleh 48 SKPD Bolmong sedang diproses. Semua tergantung SKPD," jelasnya. 

Ditambahkan Fico, total dana untuk pembayaran gaji reguler Juli bersama TPP dan gaji ke 13  sekitar Rp 35 miliar. "Untuk gaji ke 13 saja total dananya berjumlah Rp 17,9 miliar. Jadi, total keseluruhan yang harus dibayar mencapai Rp 35 milar," tutupnya. (cw-03/ite)

Kirim Komentar