09 Jul 2018 17:00

Cuaca Ekstrem, Pemerintah dan Warga Wajib Siaga

MyPassion
Jerry Sambuaga

MANADOPOSTONLINE.COM—Warga Sulawesi Utara patut waspada. Pasalnya, beberapa hari terakhir ini hujan disertai angin melanda bumi Nyiur Melambai. Sesuai prakiraan cuaca yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan disertai angin masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan. Cuaca ekstrem yang melanda Sulut, turut menjadi perhatian tokoh muda Dr Jerry Sambuaga. Dia mengimbau masyarakat memberi perhatian atas peringatan yang dikeluarkan pihak terkait. “Jika hujan terjadi dalam waktu yang lama, warga yang berada di lokasi rawan bencana banjir maupun longsor agar mengungsi sementara waktu. Agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan,” imbau Jerry.

Bukan hanya warga yang berada di wilayah rawan bencana, politisi muda Partai Golkar ini juga meminta masyarakat yang sering beraktivitas di laut untuk waspada. Karena biasanya, cuaca ekstrem dibarengi dengan gelombang tinggi di laut. “Warga yang berprofesi sebagai nelayan agar memperhatikan cuaca saat melaut. Jika gelombang sedang tinggi, sebaiknya urungkan niat melaut sementara waktu. Ini untuk keselamatan,” ujar Jerry Sambuaga yang sekarang menjabat sebagai Fungsionaris DPP Partai Golkar.

Dia pun meminta pemerintah untuk pro aktif memberikan peringatan kepada warga akan bahaya cuaca ekstrem. Bencana yang memporak-porandakan sejumlah wilayah di Sulut beberapa tahun lalu agar dijadikan pelajaran. Sehingga cepat tanggap menghadapi bencana serta meminimalisasi dampak bencana. “Tindakan antisipatif wajib disiapkan pemerintah di saat cuaca ekstrem mulai melanda. Apalagi sejumlah wilayah di Sulut rawan terjadi bencana alam,” pungkas Doktor Politik dari Universitas Indonesia itu.(*/gel)

Kirim Komentar