09 Jul 2018 10:34

Berhasil Tekan Angka Kemiskinan Hingga 2,7 Persen, Wali Kota Manado Diganjar Satya Lencana Pembangunan

MyPassion
Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut menerima penghargaan dari Menko PMK Puan Maharani.

MANADOPOSTONLINE.COM—Kepemimpinan Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan berhasil menekan angka kemiskinan hingga 2,7 persen. Atas prestasi tersebut, Vicky diganjar penghargaan Satya Lencana Pembangunan.

Keberhasilan Vicky menekan angka kemiskinan mencapai total fertility rate (TFR) 2,7 persen dilakukan dengan berbaga cara. Di antarnaya dengan menyukseskan program kependudukan dan keluarga berencana melalui pembentukan kelembagaan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Termasuk peningkatan pembentukan kampung KB dan PIK remaja, pembangunan rumah pintar, bedah rumah sehat, pemberian beasiswa, dan pelayanan kesehatan gratis.

Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mewakili Presiden Joko Widodo menyerahkan penghargaan tersebut kepada Vicky dalam acara Temu Prestasi KKBPK di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Jumat (6/7).

Vicky mengaku sangat bersyukur dengan penghargaan tersebut. “Selaku Wali Kota Manado tentunya saya bersyukur mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia yang diserahkan Ibu Menko PMK Puan Maharani. Tentunya, penghargaan ini merupakan bukti kerja keras dan kerja cerdas serta keseriusan kita bersama, baik pemerintah dan masyarakat. Sekali lagi, terima kasih untuk dukungan masyarakat dan semua stakeholder di Manado,” ujarnya didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Manado Julyeta Runtuwene.

Sementara itu, Menko Puan mengatakan, program KKBPK menjadikan keluarga sebagai sasaran utama. “Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah. Diharapkan keluarga mampu memenuhi kebutuhan hidup yang layak, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar anggota dan antara keluarga dengan masyarakat dan lingkungannya,” ujar Puan.

Diketahui, selain Vicky, penghargaan juga diberikan kepada sejumlah gubernur, wali kota dan bupati yang diundang dalam Harganas ke-25 di Manado ini.

Turut hadir Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Pelaksana Tugas Kepala BKKBN Pusat Sigit Priohutomo, Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, dan Kepala BKKBN Provinsi Sulut Theodora Pandjaitan.(ite/can)

Kirim Komentar