09 Jul 2018 12:53

320 Bacaleg Bakal Ramaikan Pileg Sitaro

MyPassion
Stephen Londok

MANADOPOSTONLINE.COM—Sekira 320 orang bakal calon legislatif (Bacaleg), akan maju bertarung dalam perhelatan Pileg 2019 mendatang, di Kabupaten Kepulauan Sitaro. Berdasarkan data, 20 kursi DPRD tersedia di Negeri 47 Pulau tersebut. Saat diwawancarai Ketua KPU Sitaro Stephen Londok SE mengungkapkan, sesuai persyaratan satu partai politik (Parpol) boleh mengajukan 20 orang bacaleg yang disesuaikan dengan dapil.

"Misalnya di dapil III ada tujuh kursi, maka maksimum bacaleg yang diajukan parpol tujuh orang. Jadi kemungkinan ada sekira 320 bakal calon DPRD dari 16 parpol di tiga dapil yang akan mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Sitaro," ucap Londok.

Lanjutnya Sitaro memiliki tiga dapil. Yakni Dapil I meliputi Siau Barat Selatan, Siau Barat Utara, Siau Barat, Siau Tengah. Dapil II terdiri atas Siau Timur Selatan dan Siau Timur, kemudian Dapil III Tagulandang, Tagulandang Utara, Tagulandang Selatan, dan Biaro.

“Dengan tiga dapil ini, perimbangan kursi antar dapil lebih merata. Harga kursi pun relatif berimbang sehingga prinsip kesetaraan suara dan proposionalitas dapat tercapai," kata Londok.

Dia menambahkan, jumlah penduduk Sitaro, 72.203 jiwa. Dengan tiga dapil tersebut, jumlah penduduk Dapil I 19.880 jiwa total 6 kursi Dapil II 25.755 jiwa total 7 kursi, dan Dapil III 26.557 dengan 7 kursi. “Jadi total keseluruhan 20 kursi. Dalam menyusun dapil, terdapat tata cara penghitungan jumlah kursi dan alokasi kursi yang ditetapkan dalam Peraturan KPU nomor 16 tahun 2017," kunci Londok.(drp/gel)

Kirim Komentar