07 Jul 2018 10:07

Wakapolresta Kecam KM Expres Bahari

MyPassion
Arya Perdana

MANADOPOSTONLINE.COM — Beberapa hari belakangan, kejadian menggemparkan soal kapal tenggelam terjadi dibeberapa tempat di Indonesia. Baru-baru ini Kapal KM Lestari Maju di perairan Selayar Sulawesi Selatan tenggelam dan menewaskan 35 .

Untuk itu, wilayah perairan manado patut diberikan atensi keamanan sebelum berlayar. Hal tersebut disampaikan Wakapolresta AKBP Arya Perdana. Dia mengatakan, dari gambaran beberapa daerah yang menewaskan ribuan orang kebanyakan disebabkan oleh kelebihan muatan kapal.

“Ini menjadi pelajaran dan warning bagi para pemilik kapal yang ada di Manado, jangan karena ingin mendapatkan keuntungan besar  tidak memikirkan kapasitas muatan yang melampaui standart dan tidak memikirkan keselamatan Penumpang. Jangan lagi dipaksa menumpukan penumpang di kapal,” sebut wakapolresta.

Contoh tak baik dilakukan kapal KM Expres Bahari 2E yang beberapa hari lalu hendak berangkat ke Tagulandang, namun kelebihan penumpang. Beruntung dilakukan pemeriksaan di atas kapal oleh Polsek Pelabuhan Manado. Kapal tersebut memiliki kelebihan penumpang sekitaran 250 orang, sehingga kelebihan inilah Polsek Pelabuhan memintakan kepada para penumpang untuk pindah ke Kapal KM Saint Merry dan Kapal KM Marina Bay.

“Salut buat kerja dari pihak Polsek Pelabuhan, yang menurunkan sebanyak dua ratus lima puluh orang penumpang ke kapal yang lain. Saya juga mengimbau kepada seluruh pemilik kapal yang ada di Kota Manado bersama para penumpang, harus waspada akan terjadinya kapal tenggelam di tengah samudera terlebih cuaca kurang baik,” tandas Arya Perdana.(rgm/gnr)

Kirim Komentar