07 Jul 2018 11:47

Serapan Dandes di Kotamobagu Diawasi

MyPassion
Monitoring dandes si Desa Moyag dan Todulan, Kecamatan Kotamobagu Timur, Jumat (6/7). (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Kotamobagu mulai melakukan monitoring dan evaluasi pengerjaan fisik penyerapan dan penggunaan Dana Desa (Dandes) 2018 tahap satu dan dua di 15 desa. 

Kepala DPMD Tedi Makalalag mengatakan, monitoring tersebut untuk memastikan serapan anggaran dandes untuk pengerjaan fisik. 

"Hari ini kami mulai turun di tiap desa untuk melakukan monitoring pengerjaan pembangunan fisik lewat dandes. Sudah berapa terserap, itu yang kami lihat untuk laporan rapat evaluasi kembali," ungkapnya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat Desa Rum Mokoagow menambahkan, untuk pengajuan pencairan tahap dua, sudah dilakukan oleh 13 desa. Dementara dua desa belum melakukan pengajuan tahap dua. 

"Dua desa yang belum melakukan pengajuan pencairan yaitu Desa Moyag Tampoan dan Desa Bungko. Itu karena progres pembangunan fisik belum mencapai 50 persen dan penyerapan anggarannya belum sampai 75 persen. Sementara itu menjadi persyaratan pengajuan pencairan dandes tahap dua," jelasnya.

Nanti lanjutnya, pihaknya akan buat rapat rutin bersama desa-desa untuk kembali mengevaluasi serapan dandes tersebut. 

"Rapat rutin kami lakukan setiap bulannya bersama desa-desa. Nah dari situ kita akan lihat perkembangan penggunaan dandes seperti apa dan pembangunan fisik agar anggaran dapat terserap dengan baik," pungkasnya. (tr-06/tan)

Kirim Komentar