07 Jul 2018 11:16

Penerapan KIA di Talaud Terkendala Anggaran

MyPassion
Jabes Linda

MANADOPOSTONLINE.COM — Penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Kepulauan Talaud masih terkendala anggaran. "Untuk pengadaan KIA belum teranggarkan dalam APBD tahun ini. Jadi belum akan diterapkan," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jabes Linda, kemarin.

Jabes mengatakan, pengadaan KIA membutuhkan dana cukup besar. Baik peralatan dan lainnya. "2018 ini kami fokus menyelesaikan penerbitan e-KTP. Lagipula, untuk pengadaan KIA dibutuhkan anggaran cukup besar. APBD kabupaten belum mencukupi," ucapnya.

Kata Jabes, KIA sangat banyak manfaatnya. Dengan KIA bagi anak berusia 13 tahun dapat memiliki tabungan pribadi. “Biasanya untuk memiliki tabungan pribadi setiap anak mesti menggunakan KTP orang tua. Namun dengan memiliki KIA langsung memenuhi persyaratan membuat rekening tabungan,” ujarnya.  Di samping itu, untuk mengurus segala sesuatu jadi mudah. “Ketika anak beranjak usia 17, maka otomatis KIA menjadi KTP. Pasalnya, nomor yang tertera dalam KIA akan tetap sama dan tidak berganti. Dengan KIA setidaknya dapat memiliki beberapa kemudahan. Misalnya kalau harus ke luar negeri dapat mengurus paspor sendiri," katanya.(fik/gel)

Kirim Komentar